Pemdes Gadingrejo Rintis Perpustakaan Desa Sebagai Ihtiar Penguatan dan Pengembangan SDM


Pemerintah Desa Gadingrejo pada Tahun Anggaran 2019 menetapkan untuk merintis berdirinya Perpustakaan Desa sebagai ihtiar untuk penguatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Pemerintah Desa sadar betul bahwa Pembangunan manusia menjadi penting untuk digalakkan mengingat generasi kedepan harus unggul dan maju untuk bagaimana bisa memajukan dan memandirikan desanya.

Proses pendirian perpustakaan ini berjalan lancar dengan peran dan upaya bersama dengan bimbingan dan arahan Pendamping Perpus dari Dinas Arpusda, Yakni Saudara Arjun Nova Pratama. sebelumnya, untuk informasi, bahwa pada tahun 2019 telah dianggarkan dari Dana Desa untuk perintisan pendirian Perpustakaan dengan anggaran Rp. 10.000.000,- yang digunakan untuk pengadaan buku-buku bacaan, Rak Buku dan Meja baca.

Setelah melalui Musyawarah bersama antara Kepala Desa, BPD dan masyarakat desa, terbentuklah Perpustakaan Desa dengan nama "Mandala Pustaka". Selain itu, Pemerintah Desa juga mengucapkan apresiasi yang tinggi atas bantuan buku berupa komik dari temen-temen Wonosobo Mengajar sebanyak hampir 1.500 eks. Sementara untuk bantuan buku-buku pendidikan, novel dan lain-lain sekitar 100 Eks dari bapak Wakil Ketua BPD Desa Gadingrejo, Bapak Rohani, M. Pd.I.

Sementara itu, untuk calon pengelola Perpustakaan Desa telah berupaya dikirimkan untuk mengikuti bimbingan dan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Dinas Arpusda Kabupaten. Harapan ke depan, dengan adanya Perpustakaan Desa ini bisa meningkatakan minat baca dan pengembangan SDM di Desa Gadingrejo yang unggul dan maju.


Total Dibaca

"Berani Jujur Hebat" Desa kami mengatakan tidak dan stop untuk

  • Korupsi
  • Pungli

Contact Details

Telephone: 082133211457
Email:  pemdesgadingrejo@gmail.com
Website: https://gadingrejo-kepil.wonosobokab.go.id

Jl. Purworejo KM. 23 Desa Gadingrejo